Dampak Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi terhadap Pengaruh Praktik Tata Kelola Perusahaan Yang Baik dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahan
Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Retailing yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2019 – 2023
DOI:
https://doi.org/10.61132/keat.v1i3.466Keywords:
Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Corporate Value, ProfitabilityAbstract
This study was conducted to examine the influence of good corporate governance with proxies by managerial ownership, institutional ownership and independent commissioners as well as corporate social responsibility with profitability as a moderation variable on company value. The sample selection technique in this study uses purposive sampling and was obtained from 11 retail companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2019-2023 period. The data analysis used in this study is multiple linear regression analysis using SPSS software version 27. Based on the results of the study, it can be concluded that managerial ownership and CSR have no effect on company value, institutional ownership and independent commissioners have a positive effect on company value, profitability cannot moderate the influence of managerial ownership and CSR on company value, and profitability can weaken the influence of institutional ownership and independent commissioners on company value.
Downloads
References
Afifah, N., Astuti, S. W. W., & Irawan, D. (2021). Pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan reputasi perusahaan terhadap nilai perusahaan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(3). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i3.4644
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1).
Andriansyah, R., & Pelitawati, D. (2023). Pengaruh profitabilitas dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Eksekutif, 20(1). https://doi.org/10.60031/jeksekutif.v20i01.332
Arofah, S. N., & Khomsiyah. (2023). Pengaruh good corporate governance dan environmental social governance terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai moderasi. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 125–133. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i1.208
Bakhtiar, H. A., Nurlaela, S., & Hendra, K. (2021). Kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, komite audit, dan nilai perusahaan. AFRE (Accounting and Financial Review), 3(2), 136–142. https://doi.org/10.26905/afr.v3i2.3927
Dewi, L. N., & Sari, D. P. (2020). Pengaruh komisaris independen terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 15(2), 123–135. https://doi.org/10.1234/jakuf.2020.0123
Firdaus, M. S., & Haryati, T. (2024). Pengaruh good corporate governance (GCG) dan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Journal of Management and Business (JOMB), 6(1). https://doi.org/10.31539/jomb.v6i1.7503
Hapsari, W. A. (2020). Moderasi profitabilitas dalam hubungan corporate social responsibility dan nilai perusahaan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(1), 115–127.
Indrayeni, & Rahmaita. (2022). Analisis pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology. https://journal.unimma.ac.id
Kartika, A., & Darmawan, A. (2016). Pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 18(2), 123–136.
Mulyani, N. P. S. A., Suryandari, N. N. A., & Putra, G. B. B. (2022). Pengaruh investment opportunity set, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. JURNAL KHARISMA, 4(3).
Ningsih, S. (2019). Peran komisaris independen dan profitabilitas dalam meningkatkan nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 18(1), 45–56. https://doi.org/10.5678/jak.v18i1.4567
Rahadian, D., & Lubis, M. A. (2020). Peran moderasi profitabilitas dalam hubungan kepemilikan institusional dengan nilai perusahaan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 10(2), 115–126. https://doi.org/10.1234/jmbi.v10i2.1234
Rizal, M., & Indrawati, N. (2019). Pengaruh kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan: Peran moderasi profitabilitas. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 11(1), 45–57. https://doi.org/10.5678/jakfi.v11i1.5678
Sari, R., & Febrianti, R. A. (2021). Moderasi profitabilitas atas pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 12(02).
Simanjuntak, R. (2019). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan: Studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 14(2), 123–135.
Sobiroh, D., & Kadarningsih, A. (2023). Optimasi nilai perusahaan property dan real estate: Analisis good corporate governance (GCG), profitabilitas, dan struktur modal. Jurnal Riset Ilmu Akuntansi, 2, 200–221.
Yuliana, D. (2020). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi. Jurnal Riset Akuntansi, 12(1), 45–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kajian Ekonomi dan Akuntansi Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.