Efektivitas Penerapan E-Commerce Dalam Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.61132/pajamkeu.v1i3.339Keywords:
E-Commerce, Micro, Small and Medium Enterprises, Business DevelopmentAbstract
Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) have an important and strategic role in national economic development. Apart from playing a role in economic growth and employment, the problem formulation in this research also plays a role in providing development results. What factors influence the effectiveness of E-commerce on the development of MSMEs in Medan City. The type of data used is qualitative research, namely data that aims to gain a deeper understanding, develop theories and describe reality. The data is in the form of numbers which include a general description of the business and organizational structure. Process approach in running e-commerce with complete information. The E-commerce Target Approach has been able to show that there are targets to be achieved with its implementation.
Downloads
References
Aditya, S., Agachi, R., Aqilah, D., Dwi Nugroho, R., Mulyani, E., Rahmad Rahim, A., & Muhammadiyah Gresik, U. (2024). Pembuatan minuman teh herbal “Jelang Tea” sebagai inspirasi produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kampung Siba Klasik dan sebagai peningkat immunitas tubuh. Journal of Community Service, 6(1).
Agnesia, V., & Saputra, A. J. (2022). Pengaruh penggunaan e-commerce, financial technology dan media sosial terhadap peningkatan pendapatan UMKM Kota Dumai. E-Jurnal Akuntansi, 32(3), 750. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i03.p15
Aryanto, A., Hanum, N., & Syaefudin, R. (2023). Faktor teknologi, organisasi, dan lingkungan pada penerapan akuntansi digital serta dampaknya terhadap kinerja UMKM. Owner, 7(1), 632–643. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1224
Budi Harto, Panji Pramuditha, Arief Yanto Rukmana, Harnavela Sofyan, Hana Rengganawati, Andina Dwijayanti, & Teti Sumarni. (2023). Strategi social media marketing melalui dukungan teknologi informasi dalam kajian kualitatif pada UMKM Kota Bandung. KOMVERSAL, 5(2), 244–261. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i2.1499
Chyzhevska, L., Voloschuk, L., Shatskova, L., & Sokolenko, L. (2021). Digitalization as a vector of information systems development and accounting system modernization. Studia Universitatis Vasile Goldis Arad, Economics Series, 31(4), 18–39. https://doi.org/10.2478/sues-2021-0017
Dauda, P., Paris, P. P., Megawaty, M., Hendriadi, H., & Kausar, A. (2023). Pengaruh electronic commerce (e-commerce) terhadap peningkatan pendapatan pada UMKM di Kabupaten Gowa. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 6(1), 105. https://doi.org/10.35914/jemma.v6i1.1789
Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (n.d.). Pemanfaatan strategi pemasaran digital menggunakan e-commerce dalam mempertahankan bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa pandemi Covid-19.
Ekonomi, J. K., Bisnis, D., Manajemen, M. M., & Jakarta, P. (n.d.). Oikos-nomos: Strategi UMKM dalam menghadapi digitalisasi. Jurnal Oikos-Nomos, 16, 2023.
Fatma, M., Studi Ilmu Administrasi Bisnis, P., Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, F., & Riau, U. (2024). The effect of using e-commerce and digital payment on UMKM income (case study on UMKM in the culinary sector of Tuah Madani Sub-District, Pekanbaru City). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Handayani, E., Sari, P. P., & Islami, M. J. (2021). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh UMKM pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 10(2), 113. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i2.4622
Hutauruk, M. R. (2022). Pendampingan dan pelatihan digitalisasi akuntansi manufaktur usaha kecil dan menengah di Wonosari, Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Jurnal Warta LPM, 25(3), 346–355. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta
Ilmiah, J., & Akuntansi, K. (2020). Digitalisasi akuntansi pengelolaan keuangan dengan metode accrual basis pada Klinik As Shifa Kendal. Jurnal KOMPAK, 13(1), 47–62. http://journal.stekom.ac.id/index.php/kompakpage47
Jurnal, B. P., Publikasi, D., Pendapatan, P., Di Kecamatan, U., Utara, B., & Yusuf, M. (2022). Pengaruh electronic commerce (e-commerce) terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Utara Bekasi. Jurnal Akuntansi STEI BPJP, 5(1). https://danta.bekasikota.go.id/
Kurnyasih, A., & Syahbudi, M. (2023). Pengaruh e-commerce dalam memajukan usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Binjai tahun 2022. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 4(2), 291.
Lismula, R. J. A. (2022). Analisis pengaruh e-commerce terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Journal of Finance and Business Digital, 1(2), 107–118. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i2.1264
Maulidah, H. (2023). Analisis implementasi akuntansi digital guna pencatatan keuangan pada UMKM. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 6(1). http://jra.politala.ac.id/index.php/JRA/index
Rahayu, N., Agus Supriyono, I., Mulyawan, E., Nurfadhillah, F., Yulianto, D. R., & Ramadhan, A. Z. (n.d.). Pembangunan ekonomi Indonesia dengan tantangan transformasi digital.
Rianty, M., & Fitri Rahayu, P. (2021). Pengaruh e-commerce terhadap pendapatan UMKM yang bermitra Gojek dalam masa pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(2), 153–167. https://akuntansi.pnp.ac.id/jam
Sadrakh Zefanya Putra, Shasabila Titanie Harianto, & Yabes Christian Matondang. (2023). Analisis pengaruh e-commerce: Studi literatur terhadap pertumbuhan ekonomi UMKM. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Ilmu Komputer, 3(2), 119–131. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.494
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pajak dan Manajemen Keuangan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.