Efektivitas Penerapan E-Commerce Dalam Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Medan

Authors

  • Sudarsono Sudarsono Politeknik Negeri Medan
  • Adhi Surya Harahap Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61132/pajamkeu.v1i3.339

Keywords:

E-Commerce, Micro, Small and Medium Enterprises, Business Development

Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) have an important and strategic role in national economic development. Apart from playing a role in economic growth and employment, the problem formulation in this research also plays a role in providing development results. What factors influence the effectiveness of E-commerce on the development of MSMEs in Medan City. The type of data used is qualitative research, namely data that aims to gain a deeper understanding, develop theories and describe reality. The data is in the form of numbers which include a general description of the business and organizational structure. Process approach in running e-commerce with complete information. The E-commerce Target Approach has been able to show that there are targets to be achieved with its implementation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, S., Agachi, R., Aqilah, D., Dwi Nugroho, R., Mulyani, E., Rahmad Rahim, A., & Muhammadiyah Gresik, U. (2024). Pembuatan minuman teh herbal “Jelang Tea” sebagai inspirasi produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kampung Siba Klasik dan sebagai peningkat immunitas tubuh. Journal of Community Service, 6(1).

Agnesia, V., & Saputra, A. J. (2022). Pengaruh penggunaan e-commerce, financial technology dan media sosial terhadap peningkatan pendapatan UMKM Kota Dumai. E-Jurnal Akuntansi, 32(3), 750. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i03.p15

Aryanto, A., Hanum, N., & Syaefudin, R. (2023). Faktor teknologi, organisasi, dan lingkungan pada penerapan akuntansi digital serta dampaknya terhadap kinerja UMKM. Owner, 7(1), 632–643. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1224

Budi Harto, Panji Pramuditha, Arief Yanto Rukmana, Harnavela Sofyan, Hana Rengganawati, Andina Dwijayanti, & Teti Sumarni. (2023). Strategi social media marketing melalui dukungan teknologi informasi dalam kajian kualitatif pada UMKM Kota Bandung. KOMVERSAL, 5(2), 244–261. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i2.1499

Chyzhevska, L., Voloschuk, L., Shatskova, L., & Sokolenko, L. (2021). Digitalization as a vector of information systems development and accounting system modernization. Studia Universitatis Vasile Goldis Arad, Economics Series, 31(4), 18–39. https://doi.org/10.2478/sues-2021-0017

Dauda, P., Paris, P. P., Megawaty, M., Hendriadi, H., & Kausar, A. (2023). Pengaruh electronic commerce (e-commerce) terhadap peningkatan pendapatan pada UMKM di Kabupaten Gowa. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 6(1), 105. https://doi.org/10.35914/jemma.v6i1.1789

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (n.d.). Pemanfaatan strategi pemasaran digital menggunakan e-commerce dalam mempertahankan bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa pandemi Covid-19.

Ekonomi, J. K., Bisnis, D., Manajemen, M. M., & Jakarta, P. (n.d.). Oikos-nomos: Strategi UMKM dalam menghadapi digitalisasi. Jurnal Oikos-Nomos, 16, 2023.

Fatma, M., Studi Ilmu Administrasi Bisnis, P., Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, F., & Riau, U. (2024). The effect of using e-commerce and digital payment on UMKM income (case study on UMKM in the culinary sector of Tuah Madani Sub-District, Pekanbaru City). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Handayani, E., Sari, P. P., & Islami, M. J. (2021). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh UMKM pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 10(2), 113. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i2.4622

Hutauruk, M. R. (2022). Pendampingan dan pelatihan digitalisasi akuntansi manufaktur usaha kecil dan menengah di Wonosari, Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Jurnal Warta LPM, 25(3), 346–355. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta

Ilmiah, J., & Akuntansi, K. (2020). Digitalisasi akuntansi pengelolaan keuangan dengan metode accrual basis pada Klinik As Shifa Kendal. Jurnal KOMPAK, 13(1), 47–62. http://journal.stekom.ac.id/index.php/kompakpage47

Jurnal, B. P., Publikasi, D., Pendapatan, P., Di Kecamatan, U., Utara, B., & Yusuf, M. (2022). Pengaruh electronic commerce (e-commerce) terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Utara Bekasi. Jurnal Akuntansi STEI BPJP, 5(1). https://danta.bekasikota.go.id/

Kurnyasih, A., & Syahbudi, M. (2023). Pengaruh e-commerce dalam memajukan usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Binjai tahun 2022. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 4(2), 291.

Lismula, R. J. A. (2022). Analisis pengaruh e-commerce terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Journal of Finance and Business Digital, 1(2), 107–118. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i2.1264

Maulidah, H. (2023). Analisis implementasi akuntansi digital guna pencatatan keuangan pada UMKM. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 6(1). http://jra.politala.ac.id/index.php/JRA/index

Rahayu, N., Agus Supriyono, I., Mulyawan, E., Nurfadhillah, F., Yulianto, D. R., & Ramadhan, A. Z. (n.d.). Pembangunan ekonomi Indonesia dengan tantangan transformasi digital.

Rianty, M., & Fitri Rahayu, P. (2021). Pengaruh e-commerce terhadap pendapatan UMKM yang bermitra Gojek dalam masa pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(2), 153–167. https://akuntansi.pnp.ac.id/jam

Sadrakh Zefanya Putra, Shasabila Titanie Harianto, & Yabes Christian Matondang. (2023). Analisis pengaruh e-commerce: Studi literatur terhadap pertumbuhan ekonomi UMKM. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Ilmu Komputer, 3(2), 119–131. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.494

Downloads

Published

2024-06-30