Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Thrifting di Pasar Senen

Authors

  • Magdalena Liessantri Ndraha Universitas Media Nusantara Citra
  • Ir. Budi Santosa Kramadibrata Universitas Media Nusantara Citra

DOI:

https://doi.org/10.61132/apke.v2i1.839

Keywords:

Product Quality, Price Perception, Purchasing Decisions

Abstract

The fashion industry continues to grow rapidly, creating new trends that influence people's lifestyles. The thrifting phenomenon at Pasar Senen has become a popular shopping alternative due to its affordable prices and product quality. This study aims to analyze the influence of product quality and price perception on purchasing decisions for thrifted clothing. The research employs an associative quantitative approach involving 96 respondents. The research instrument is a questionnaire tested for validity and reliability. Data analysis includes descriptive and correlation analysis, while hypothesis testing uses multiple linear regression analysis. The results indicate a positive influence of product quality and price perception on purchasing decisions, with an R-Square value of 0.805. The study's limitation lies in its scope, which focuses only on one market and does not consider other variables or moderators that may impact purchasing decisions more broadly.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

Azahari, A., & Hakim, L. (2021). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen, Organisasi, dan Bisnis, 1(4), 553–564.

Dzulkharnain, E. (2022). Pengaruh persepsi harga, citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Inovasi Daerah, 1(2), 48–57. https://doi.org/10.56655/jid.v1i1.6

Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17–32.

Fauziah, Y., Sumantyo, F. D. S., & Ali, H. (2023). Pengaruh online consumer review, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial, 1(1), 48–64.

Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di Shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110–118.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Harto, B., Rozak, A., & Rukmana, A. Y. (2021). Strategi marketing Belah Doeren melalui digital marketing terhadap keputusan pembelian dimediasi brand image. Atrabis: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 67–74.

Laisina, N. J. M., & Fairliantina, E. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan brand image terhadap keputusan membeli di Kopi Kenangan Pasar Minggu. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(4), 180–189.

Maharani, S. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga terhadap keputusan pembelian Pizza Hut. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.548

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian terhadap pembelian ulang (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727.

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134–146.

Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2021). Pengaruh kualitas layanan, persepsi harga, dan cita rasa terhadap kepuasan konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1), 411–427.

Nuryani, F. T., Nurkesuma, N., & Hadibrata, B. (2022). Korelasi keputusan pembelian: Kualitas produk, persepsi harga, dan promosi (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462.

Palelu, D. R., Tumbuan, W. J., & Jorie, R. J. (2022). Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kamsia Boba di Kota Lawang. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 68–77.

Savira, V. S. N., & Yulianti, I. (2022). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada thrift shop. Jurnal Kewirausahaan dan Inovasi, 1(1), 110–118.

Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature review keputusan pembelian dan minat beli konsumen pada smartphone: Harga dan promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313.

Silvia, R., & Arifiansyah, R. (2023). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Cillo Coffee. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 3(2), 662–675.

Sitompul, A. Y. (2024). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian bekas (thrifting) pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020-2021 Universitas Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods) (9th ed.). Alfabeta.

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh kualitas produk, brand ambassador, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian Nature Republic. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi keputusan pembelian: Harga, promosi dan kualitas produk (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399–410.

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Magdalena Liessantri Ndraha, & Ir. Budi Santosa Kramadibrata. (2025). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Thrifting di Pasar Senen. Akuntansi Pajak Dan Kebijakan Ekonomi Digital, 2(1), 216–237. https://doi.org/10.61132/apke.v2i1.839