Dampak Iklan Terhadap Penjualan Perusahaan PT. Sido Muncul Tbk (2021—2024)

Authors

  • Husni Mubarok Universitas Bina Sarana Informatika
  • Diana Oktavia Lestari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Tiara Zettira Rahma Universitas Bina Sarana Informatika
  • Adinda Kusuma Wardani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rofiah Fauziah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Marsya Anisa Putri Pohan Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.61132/jieap.v2i2.1029

Keywords:

Advertising, Marketing strategy, Sales

Abstract

The purpose of this research is to examine the influence of advertising impact on sales at PT Sido Muncul Tbk 2021-2024. In a competitive business environment, advertising plays an important role in introducing products and creating brand image. As for this research using quantitative approach. The results of this study indicate that advertising has a positive and significant impact on increasing sales. The findings confirm how important an effective advertising strategy is in supporting the company's business growth.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, A. (2023). Hubungan persediaan dengan penjualan pada laporan keuangan Koperasi Bukit Muria Jaya tahun 2021–2022. XXIII(43).

Lorinda, I. P., & Amron. (2023). Pengaruh kualitas produk, iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Tolak Angin Sidomuncul di Kota Semarang. MBIA, 22(1), 53–64. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2238

Meilantika, D. (2021). Sistem informasi penjualan dan jasa service kompor gas berbasis web (studi kasus pada PT. Ogan Gasindo Utama). Jurnal Informatika, 9(2), 19–28.

Nazara, D. S. (2021). Pengaruh periklanan terhadap volume penjualan pada Toko Tricomsel Gunungsitoli. Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 9(3), 1400.

Ramadhan, F. M. P., Hilal, & Pahlevi, M. R. (2024). Analisa pelanggaran etika pariwara pada iklan YouTube “Garnier Bright Complete 3% Ampoule Serum.” Jurnal of Educational and Cultural Studies, 2(3), 155–160.

Rawis, A. G., Mandey, S. L., & Roring, F. (2022). Pengaruh periklanan, publisitas dan promosi penjualan terhadap keputusan menggunakan aplikasi Grab di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 308–319.

Saragih, A. P., Alezsandra, D. A., Sulistyowati, Y., Mufidah, Z., & Wilandari, A. (2024). Gambaran persentase biaya promosi terhadap pertumbuhan penjualan pada PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk tahun 2019–2023. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 406–414.

Sinaga, L. R., Siregar, H., & Siregar, A. (2022). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan sembako minyak goreng pada Usaha Dagang Jaya Karya Siborongborong. Jurnal Darma Agung, 30(3), 470–491.

Syabania, R., & Rosmawani, N. (2021). Perancangan aplikasi customer relationship management (CRM) pada penjualan barang pre-order berbasis website. Rekayasa Informasi, 10(1), 44–49.

Tiara, Kurnia, E., & Lutviani, M. (2024). Proses penjualan jasa transportasi pada PT Bima Sepaja Abadi Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 13(2), 1248–1259. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1160

Wijoseno, A., Wijiastuti, S., & Purwanto, A. (2021). Pengaruh visualisasi iklan TV terhadap keputusan pembelian makanan “Produk Indofood” pada masyarakat Desa Ngreden Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Jurnal Ganeshwara, 1(2). https://doi.org/10.36728/jg.v1i2.1552

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Husni Mubarok, Diana Oktavia Lestari, Tiara Zettira Rahma, Adinda Kusuma Wardani, Rofiah Fauziah, & Marsya Anisa Putri Pohan. (2025). Dampak Iklan Terhadap Penjualan Perusahaan PT. Sido Muncul Tbk (2021—2024). Jurnal Ilmiah Ekonomi, Akuntansi, Dan Pajak, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.61132/jieap.v2i2.1029