Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk pada PT. Multi Usaha Semarang

Authors

  • Bagus Kusuma Ardi STIE Dharma Putra Semarang
  • Yulianita Wirasaputra STIE Dharma Putra Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61132/jieap.v1i2.152

Keywords:

price, product quality, service quality, purchasing decisions

Abstract

This research aims to analyze the influence of price, product quality and service quality on purchasing decisions. The population in this study was 400 people. The sample in this study was 80 using the Slovin formula. The sampling method used in this research was accidental sampling. The analysis method used is multiple linear. Hypothesis testing uses a 5% degree of freedom. The results of the reliability and validity tests show that all question items are reliable and the constructs are valid, besides that the regression meets the model fit. Hypothesis testing showed that price (X1) had a significant positive effect on purchasing decisions(Y), so hypothesis 1 was accepted. Product quality(X2) has a significant positive effect on purchasing decisions(Y), so hypothesis 2 is accepted. Service quality(X3) has a significant positive effect on purchasing decisions(Y), so hypothesis 3 is accepted.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, H. F. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian kopi kenangan [Skripsi, STIE Indonesia Jakarta].

Antyadika, B. E., & Sugiarto, Y. (2012). Analisis pengaruh lokasi, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Studi pada Wong Art Bakery&Café Semarang) [Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis].

Arianto, D. P. H., & Satrio, B. (2020). Pengaruh produk, harga, kualitas pelayanan, lokasi, store atmosphere terhadap keputusan pembelian Kopisae. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(6), 1–23.

Dinata, M. S., & Khasanah, I. (2022). Pengaruh persepsi harga, persepsi kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen Eden International Daily Food, Semarang. Diponegoro Journal of Management, 11(2).

Dwijayanto, A., & Widodo, A. (2020). Pengaruh bauran 8P terhadap keputusan pembelian coffee shop Kopi Kenangan Bandung. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 6192–6203.

Ekasari, R., & Pramudita, R. A. (2020). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Ecopreneur, 12(3), 1-12.

Hustić, I., & Gregurec, I. (2015). The influence of price on customer’s purchase decision. Central European Conference on Information and Intelligent Systems, 1–6. http://www.ceciis.foi.hr/app/public/conferences/1/ceciis2015/papers/754.pdf

Ilmi, J. (2016). Analisis pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian oleh konsumen pada Cafe dan Restaurant Day Avenue Banjarmasin [Doctoral dissertation].

Irawan, I. A. (2021). Pengaruh kualitas produk, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian kopi pada aplikasi online dimasa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(1), 17–32.

Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis pengaruh brand image, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil (studi kasus mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1).

Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of marketing (12th ed., Jilid 1, Terjemahan Bob Sabran). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (12th ed.). PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kurniasari, N. D., & Santoso, S. B. (2013). Analisis pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian [Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro].

Maharani, S. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga terhadap keputusan pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity: Jurnal Manajemen, 2(1).

Marpaung, B., & Mekaniwati, A. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya pada keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 29-38.

Mulyaputri, V. M., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh viral marketing dan brand awareness terhadap niat beli merek Kopi Kenangan di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 91. https://doi.org/10.26740/jim.v9n1.p91-101

Pambudi Utomo, Ayun Maduwinarti, N. M. I., & Pratiwi. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di warung kopi Mbah Sangkil Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 1–19.

Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis pengaruh harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Purbarani, V. H., & Santoso, S. B. (2013). Analisis pengaruh persepsi harga, kualitas produk, diferensiasi produk, kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Larissa Aesthetic Center Semarang) [Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis].

Saluy, A. B., & Kemalasari, N. W. (2017, July). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan PT. XYZ. Dalam Seminar Ekonomi dan Bisnis (SNEBIS) (Vol. 1, No. 1).

Sari, D. R. (2017). Pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Otw Coffee Shop Kota Kediri. Simki Economic, 1(1).

Sejati, B. S. A., & Yahya, Y. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada Starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Soenawan, A. D., Malonda, E. S., & Aprilia, A. (2015). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen D’Stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(2), 395-409.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Statistik untuk penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa – Prinsip, penerapan, dan penelitian. Andi Offset.

Utomo, D. P., & Khasanah, I. (2018). Analisis pengaruh persepsi harga, lokasi pelanggan, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (Studi pada Super Sambel Semarang Cabang Lamper). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 178-188.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Bagus Kusuma Ardi, & Yulianita Wirasaputra. (2024). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk pada PT. Multi Usaha Semarang. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Akuntansi, Dan Pajak, 1(2), 232–244. https://doi.org/10.61132/jieap.v1i2.152