Strategi Pemasaran Berbasis Digital Marketing dan Ragam Produk Pada UMKM Gendzo Garment Untuk Meningkatkan Minat Beli Serta Pengaruhnya PadaKeputusan Pembelian Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.61132/jieap.v1i3.325Keywords:
UMKM, Digital Marketing, Ragam Produk, Minat Beli, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui strategi pemasaran digital dan ragam produk yang cocok terhadap minat beli pada keputusan pembelian konsumen pada UMKM Gendzo Garment. Gendzo Garment merupakan salah satu UMKM yang bergerak dan melayani di bidang produksi tangan pertama dan beragam kebutuhan aksesoris yang berlokasi di Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS-SEM yang diolah menggunakan SmartPLS 3.0. Kriteria dari sampel penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli produk di Gendzo Garment sebanyak dua kali dan pelanggan setia Gendzo Garment sejak dua tahun lalu atau lebih. Instrumen penelitian ini yaitu kuesioner. Hasil dan pembahasan penelitian akan dibahas lebih lanjut.
Downloads
References
Ardiansyah, I. F., Zailani, A., & Widodo, Z. D. (2023). the Effect of Product Quality, Service Quality, and Trust on Customer Satisfaction At Praja Decoration in Purwodadi. International Journal of Economy, Education, and Entrepreneurship, 3 (2)(2), 502–511.
Arlinda, S., & Hendro, J. (2024). Penerapan Digital Marketing Dalam Menarik Minat Beli Produk UMKM Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat. Ikraith-Ekonomika, 7(2), 184–192. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i2.3347
Arsyanti, N. M., & Astuti, R. T. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–11.
Bere, Y. C. R. A., & Susanto, E. H. (2022). Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian pada Jasa Titip Barang Branded. In Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (Vol. 6, Issue 4, pp. 359–363). https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i4.19315
Della Nur Diyanti, Arief Darmawan, Y. H. (2023). EVALUASI PROGRAM “KURDA SAYANG” (KREDIT USAHA RAKYAT DAERAH SIDOARJO YANG GEMILANG) DI DESA KEDENSARI KECAMATAN TANGGULANGIN KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 19–29.
Destyana, Y., & Handoyo, S. E. (2023). Pengaruh digital marketing, perceived ease of use, dan ragam produk terhadap minat beli serta pengaruhnya pada keputusan pembelian melalui e-commerce Shopee di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), 390–399. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i2.23363
Dr Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. In Bandung. Penerbit: CV Alfa Beta.
Hubbina, R. (2023). 1768-Article Text-6463-1-10-20230814. 1(5), 459–475.
Ilham Ilham, Warkianto Widjaja, I Nyoman Tri Sutaguna, Arief Yanto Rukmana, & Muhammad Yusuf. (2023). Digital Marketing’s Effect On Purchase Decisions Through Customer Satisfaction. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 185–202. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i2.1154
Jaya, D. A., Ogi, I. W. J., & Palandeng, I. D. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Etsuko Kitchen Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 1425–1434. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.52434
Liesander, I., & Dharmayanti, D. (2017). Pengaruh digital marketing terhadap organizational performance dengan intelectual capital dan perceivev quality sebagai. Jurnal Strategi Pemasaran, 1–13.
Linardi, R. L., Goh, T. S., Julitawaty, W., & Syawaluddin, S. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli pada PT. Mulia Cipta Abadi Medan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1645–1650.
Maslukhah, L. (2017). Pengaruh Kebijakan Hutang dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Bachelor’s Thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 13(3), 1–102.
Mey Kurnia Lestari, Masruchin, & Diah Krisnaningsih. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Online Produk Fashion Pada UMKM di Kota Surabaya. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(2), 143–159. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).10519
Mustika, W., & Kurniawati, D. M. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Handuk Pada Marketplace “X.” Seri Seminar Nasional Ke IV Universitas Tarumanegara, 709–715.
Nabilahjaya, A. R., Oktini, D. R., Estri, S. A., Manajemen, P., Ekonomi, F., & Islam, U. (2024). Pengaruh Digital Marketing terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kecantikan Make Over ( Survey Pada Followers Instagram Make Over Kota Bandung ). In Bandung Conference Series: Business and Management, 607–613.
Naini, N. F., Sugeng Santoso, Andriani, T. S., Claudia, U. G., & Nurfadillah. (2022). The Effect of Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction on Customer Loyalty. Journal of Consumer Sciences, 7(1), 34–50. https://doi.org/10.29244/jcs.7.1.34-50
Paramita, R. W. D. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Widya Gama Press.
Ruhiyat, D., Sulaeman, A., & Purnawati, R. (2023). Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Produk Makanan Dan Minuman UMKM Di Kota Bogor. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 18(1), 62–72. https://doi.org/10.29244/mikm.18.1.62-72
Salim, E. (2023). PURCHASING DECISION MODELS THROUGH CUSTOMER SATISFACTION : ANALYSIS OF SERVICE QUALITY AND PRICES Journal of Science Education and Management Business. 2(1), 8–16.
Saputra, A., & Putri, S. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pixy Two Way Cake di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 23(2), 60–71.
Septiani, R. N., & Wuryani, E. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Sidoarjo. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3214. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p16
Siti Khoziyah, E. E. L. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS ONLINE SHOP INSTAGRAM @KPOPCONNECTION. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39–50.
Sugiyanti, L. (2022). Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM SHIBIRU. Jurnal Dinamika Manajemen, 14(1), 111–123.
Supandi, A., & Johan, R. S. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Pendapatan Pelaku Umkm Di Kecamatan Cilandak. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(1), 15. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i1.13701
Syamsul Bachri, Setiawan Mandala Putra Erwan, E. S. F., & Darman. (2023). Pemasaran digital untuk mempengaruhi kepuasan pelanggan yang dimediasi oleh keputusan pembelian. 21(3), 17–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Ekonomi, Akuntansi, dan Pajak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.