Pengaruh (Attitude, Attention, dan Action) Karyawan terhadap Loyalitas Nasabah pada Pt. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Karya

Authors

  • Angelly Pratiwi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Muhammad Ikhsan Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.61132/jiesa.v2i1.838

Keywords:

attitude, attention, action, customer loyalty

Abstract

The purpose of this research is to determine the influence of employee roles (Attitude, Attention and Action) on achieving customer loyalty at PT. North Sumatra Bank Medan Karya Sharia Branch Office. The influence of employee roles (Attitude, Attention and Action) has a positive effect on achieving customer loyalty at PT. North Sumatra Bank Medan Karya Sharia Branch Office. Quantitative research is research that uses data in the form of numbers. This shows that (Attitude, Attention and Action) have a positive effect on achieving customer loyalty at PT. North Sumatra Bank Medan Karya Sharia Branch Office. (Attitude, Attention and Action) has an influence of 98.4% on achieving customer loyalty at PT. North Sumatra Bank Medan Karya Sharia Branch Office. Meanwhile, 1.6% is influenced by other factors not included in the regression model. The significance of the variables (Attitude, Attention and Action) is 0.000, which is less than the significant value level used, namely 0.05. The attitude variable is 26.116, the value is above the research value, namely 1.984. The Attention variable is 7.708, the value is above the research value, namely 1.984. The Action variable is 8.256, the value is above the research value, namely 1.984.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, R. (2021). Pengaruh Sikap 3a (Attitude, Attention Dan Action) Berbasis Syariah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Sumut Syariah Kantor Cabang Pembantu Marelan. Skripsi UMSU.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, G. (2007). Aspek-aspek Hukum dalam Perbankan dan Perasuransian Syariah di Indonesia. Kencana.

Endarmita. (2013). Pengaruh Kualitas Produk & Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan & Loyalitas Nasabah Tabungan Bank BRI Cabang Simpang Empat. Apresiasi Ekonomi, 1.

Engel, J.F., Roger, D.B., & Paul, W.M. (2007). Perilaku konsumen. Tangerang:

Binarupa Aksara Publisher.

Fajarina, H. (2020). Strategi Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep 3A Attitude, Attention dan Action) Sebagai Upaya dalam Peningkatan Loyalitas Nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Skripsi IAIN Madura.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.

Hasanah, U. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Palu terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah.Penelitian Ilmiah Istiqra’,1.

Junaidi, A. T. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keadilan, dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Aplikasi Manajemen, 10.

Khadizah. (2010). Metode Penelitian Skripsi dan Tesis Edisi Pertama. PTGrafindo Persada

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (Kedua bela). PT. Indeks.

Moenir, H. A. . (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara.

Mudyani, B. R. (2017). Strategi Untuk Meningkatkan Pelayanan Front Liner Pada PT. Bank Rakyat Indonesia BRI Syariah Kantor Cabang Purwokerto.

Muh, N. E. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Mustari, 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar

Nasution, Muhammad Lathief Ilhamy. (2018). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Medan : Febi Press.

Nurbaiti, & Dkk. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa UINSU Medan Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet. Jurnal Sistem Informasi Dan E-Bisnis, 4(1), 65.

Putra, R. S. (2020). Pengaruh Sikap 3A (Attitude, Attention, Dan Action) Berbasis Syariah Terhadap Pencapaian Loyalitas Penabung Wadiah Pada Bank Sumut Syariah. Skripsi UINSU.

Rahmani, N. A. B. (2016). Metode Penelitian Ekonomi (Pertama). FEBI UINSU Press.

Seffi Melati Achlam, D. (2014). Analisis Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Menggunakan Structural Equation Modeling. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 3(1).

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryani. (2014). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan di Bank Syariah. Ilmiah, VI.

Tarigan, Azhari Akmal, & Dkk. (2015). Buku Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. F'ebi Press UINSU.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Umar, H. (2012). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT Raja Grafindo Persada.

Wulandari, K. V. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama.

Yamin, S., & Kurniawan, H. (2009). SPSS Complete Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Salemba Infotek.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Angelly Pratiwi, Nurbaiti, N., & Muhammad Ikhsan Harahap. (2025). Pengaruh (Attitude, Attention, dan Action) Karyawan terhadap Loyalitas Nasabah pada Pt. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Karya. Jurnal Inovasi Ekonomi Syariah Dan Akuntansi, 2(1), 142–157. https://doi.org/10.61132/jiesa.v2i1.838