Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Sosialisasi Perpajakan dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Reklame

Authors

  • Jihan Erilidya Kumalasari Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Suhesti Ningsih Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Sri Laksmi Pardanawati Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61132/jpaes.v2i3.1275

Keywords:

Billboard Taxpayer Compliance, Taxpayer Awareness, Tax Sanctions, Tax Socialization

Abstract

The purpose of this study is to find out how Taxpayer Awareness, Tax Socialization, and Tax Sanctions have an impact on Billboard Taxpayer Compliance in Karanganyar Regency. Quantitative and associative methods are used. The Slovin formula was used to determine a sample of 94 people who answered. Primary data were obtained through questionnaires and analyzed using multiple linear regression using SPSS 23. Studies show that taxpayer awareness does not affect their compliance. On the other hand, tax socialization and tax sanctions significantly and positively affect the compliance of reclamation taxpayers. This shows how important training and law enforcement are in improving tax compliance.”

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, H., & Trifina, B. W. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Reklame di Kota Balikpapan Factors That Affect Compulsory of Reklame Tax Requirements in The City of Balikpapan. 1, 36–44.

Anggraini, L. R., & Fidiana. (2021). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(5), 1–19.

Eko Lasmono. (2021). Pengaruh Kebijakan Pajak, Pengetahuan Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak Orang Pribadi Pada Pelaku Transaksi Online Umkm Dengan Insentif Pajak Sebagai Variabel Moderasi Tesis. :Kebijakan pajak, pengetahuan pajak, sanksi pajak, kepatuhan pajak, dan insentif pajak vii, 1–125.

Ghufran Syahputera Walla, Hendrik Salmon, J. M. (2021). Kajian Terhadap Pengaturan Sanksi Denda Administratif Dalam Peraturan Daerah Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar. Jurnal Ilmu Hukum, 1(9), 961–970.

Heider, Fritz. 1958. The Psychology of Interpersonal Relations, New York: Wiley

Jatmiko, A. N. (2006). Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak ( Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang ). 86.

Mardiasmo. (2019). perpajakan.

Permatasari, M., & Lely Aryani, N. K. (2019). Pengaruh Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perpajakan, Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame. E-Jurnal Akuntansi, 28, 748.

Puspita, N. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak dan Keadilan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Ekonomi Akuntansi, 4–26.

Setiawan, Y. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Reklame Di Kota Semarang.

Siti Farhah, Indra Pahala, & Indah Muliasari. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Reklame di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 2(3), 537–557.

Sukmana, M. Y. T. (2024). Pengaruh Sanksi Pajak, Tarif Pajak, Sosialisasi, dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Reklame di BPPKAD Kabupaten Kudus. 1–23.

Tulenan, R. A., & , Jullie J. Sondakh, S. P. (2023). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Cirebon Satu. Journal of Economics and Business UBS, 12(3), 1530–1543.

Vinka Aulia Siswanti, Rina Pratiwi, H. I. (n.d.). Analisis Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Rekalme Pada UPPRD Duren Sawit. 62–70.

Winerungan, O. L. (2012). Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wpop Di Kpp Manado Dan Kpp Bitung. 1(3), 960–970.

Yasykur. (2021). Pengaruh kesadaran, kualitas pelayanan, kondisi keuangan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak reklame. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi.

Downloads

Published

2025-07-02

How to Cite

Jihan Erilidya Kumalasari, Suhesti Ningsih, & Sri Laksmi Pardanawati. (2025). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Sosialisasi Perpajakan dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Reklame. Jurnal Pajak Dan Analisis Ekonomi Syariah, 2(3), 157–169. https://doi.org/10.61132/jpaes.v2i3.1275

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.