Pengaruh Tingkat Pemahaman dan Kepercayaan terhadap Minat menggunakan Bank Syariah
Studi Masyarakat Desa Karang Berahi Kecematan Pamenang Kabupaten Merangin
DOI:
https://doi.org/10.61132/jpaes.v1i4.513Keywords:
Understanding, Trust and InterestAbstract
In Indonesia, the first sharia bank established in 1992 was Bank Muamalat Indonesia (BMI). Even though the development is a bit late when compared to other Muslim countries, sharia banking in Indonesia will continue to develop, if in the period 1992 - 1998 there was only one unit of Sharia Bank, then in 2005, the number of sharia banks in Indonesia had increased to 20 units. , namely 3 sharia commercial banks and 17 business units. Based on the data processing carried out in this research, the results were obtained for the variable Level of Understanding (X1) partially, namely with a significance level smaller than 0.05, namely with a significance level of 0.001, so it can be said that the variable Understanding has a significant influence on interest in using Islamic banks. Meanwhile, for the Trust variable (X2) partially, with a significance level smaller than 0.05, namely with a significance level of 0.040, it can be said that the trust variable influences interest in using Islamic banks. Furthermore, by using the F test to obtain a significance value of 0.001 which is smaller than 0.05, the regression model is usually used to predict that the level of understanding and trust together influence interest in using Islamic banks. The calculation of the coefficient of determination results in showing that all independent variables, namely Understanding (X1) Trust (X2) can explain the variable Interest in Using Sharia Banks (Y) by 20%, the remaining 80% is influenced by other variables not examined in this research.
Downloads
References
Abdul Malik. (2021). Pengaruh promosi, pengetahuan dan kepercayaan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Singkut pada masyarakat Desa Pelawan Jaya. Jurnal Margin, 1(1).
Arifin, A., & Khotimah, H. (2014). Pengaruh produk, pelayanan, promosi dan lokasi terhadap keputusan masyarakat memilih bank syariah di Surakarta.
Dharmmesta, B. S. (2005). Kontribusi involvement dan thrust in brand dalam membangun loyalitas pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 20(3).
Doni Juni Pariansa. (2017). Perilaku nasabah: Dalam persaingan bisnis kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Khairani, R. Z. (2020). Pengaruh religiositas dan faktor sosial terhadap minat masyarakat menggunakan produk bank syariah di Kota Banda Aceh. Global Journal of Islamic Banking and Finance, 3(1).
Maskur, R. (2016). Pengetahuan perbankan syariah dan pengaruhnya terhadap minat menabung santri dan guru. Islaminomic, 7(2).
Meli, S. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen penggunaan jasa pengiriman barang Jalur Nugraha Eka Kurir (JNE) cabang Jambi. Skripsi Program Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Muhammad, D. (2017). Analisis minat masyarakat Muslim menjadi nasabah bank syariah (studi kasus di Gampong Pondok Kemuning). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 1(1).
Muheram Tohadi, S. (2017). Peran lembaga keuangan syariah dalam pemberdayaan UMKM di Indonesia. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(1).
Mulyaningtyas, I. F., Soesatyo, Y., & Sakti, N. C. (2020). Pengaruh pengetahuan tentang bank syariah dan literasi keuangan terhadap minat menabung siswa pada bank syariah di kelas XI IPS MAN 2 Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(1).
Muzakir. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menabung di bank syariah (studi pada masyarakat Desa Lajut Kecamatan Praya Tengah). Jurnal Perbankan Syariah, 1(1).
Pujiati, L. (2016). Perbedaan manajemen laba pada bank syariah dan bank konvensional yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Akademika: Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 14(2).
Putri, E., & Dharma, A. B. (2016). Analisis perbedaan kinerja keuangan antara bank konvensional dengan bank syariah. Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 1(2).
Rahmat, A. (2023). Pengaruh tingkat pengetahuan dan iklan terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah (studi kasus masyarakat Desa Galung Tuluk Kabupaten Polewali Mandar). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2).
Raihana, S., & Aulia, R. (2020). Pengaruh pengetahuan, religiositas, lokasi, dan lingkungan sosial terhadap minat menabung di Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram (studi pada masyarakat Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya). Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking, 2(2).
Romdhoni, A. H. (2018). Pengaruh pengetahuan, kualitas pelayanan, produk, dan religiositas terhadap minat nasabah untuk menggunakan produk simpanan pada lembaga keuangan mikro syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02).
Simatupang, H. B. (2019). Peranan perbankan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. JRAM (Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma), 6(2).
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutan Remy Sjahdeini, S. H. (2018). Perbankan syariah: Produk-produk dan aspek-aspek hukumnya. Kencana.
Syukron, A. (2013). Dinamika perkembangan perbankan syariah di Indonesia. Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 3(2).
Thayib, B., Murni, S., & Maramis, J. B. (2017). Analisis perbandingan kinerja keuangan bank syariah dan bank konvensional. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pajak dan Analisis Ekonomi Syariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.