Pengaruh Desain Produk, Word of Mouth, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas TBLZ Official Kediri

Authors

  • Alifanisa Bianca Fladysti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Faisol Faisol Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.61132/jbep.v2i1.1303

Keywords:

Price, Product Design, Purchase Decision, Tblz Official, Word of Mouth

Abstract

This research is motivated by the development of the local fashion industry driving increasingly competitive competition, including in the bag product sector. This study aims to determine the effect of product design, word of mouth, and price on purchasing decisions for TBLZ Official bag products in Kediri, both partially and simultaneously. The approach used is quantitative research with a causal research type. The sample in this study amounted to 100 respondents who were TBLZ Official consumers. The sampling technique used the purposive sampling method, while data analysis was carried out using multiple linear regression using SPSS software version 25. The results of the study indicate that partially the variables of product design, word of mouth, and price have a significant effect on purchasing decisions, as indicated by their respective significance values ​​below 0.05. Simultaneously, the three variables also have a significant effect on purchasing decisions, with a calculated F value of 330.712 and a significance of 0.001. The coefficient of determination (Adjusted R²) value of 0.909 indicates that 90.9% of the variation in purchasing decisions can be explained by the three independent variables. Thus, companies are advised to focus on design innovation, strengthen word of mouth strategies, and consider appropriate pricing in order to increase consumer purchasing decisions.

Keywords: Product Design, Word of Mouth, Price, Purchase Decision, Tblz Official

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan industri fashion lokal mendorong persaingan yang semakin kompetitif, termasuk dalam sektor produk tas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain produk, word of mouth, dan harga terhadap keputusan pembelian produk tas TBLZ Official di Kediri, baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan konsumen TBLZ Official. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sedangkan analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel desain produk, word of mouth, dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi masing-masing di bawah 0,05. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai F hitung sebesar 330,712 dan signifikansi 0,001. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 0,909 mengindikasikan bahwa 90,9% variasi dalam keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen. Dengan demikian, perusahaan disarankan untuk fokus pada inovasi desain, memperkuat strategi word of mouth, serta mempertimbangkan penetapan harga yang sesuai agar dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

 

Kata kunci: Desain Produk, Word Of Mouth, Harga, Keputusan Pembelian, Tblz Official

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, T., & Ekanti, S. (2024). Pengaruh green marketing, brand image dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Aqua pada mahasiswa di Yogyakarta.

Astiti, V. D., Wisnu, P., & Diponegoro, A. (2021). Analisis pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk tas Sophie Martin di Kabupaten Karanganyar.

Ayu Novita, A., Hamzah, F., & Nely, S. (2024). Pengaruh word of mouth, desain produk, harga, lokasi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Anna Art Gallery Ambulu Jember.

Ena, M., Nyoko, A., & Ndoen, W. (2020). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, lokasi, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Chezz Cafenet.

Ernawati, R. (2021). Analisis pengaruh promosi, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada situs e-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Fitri Nuryanti, A., Sapta Putra, S., Digdowiseiso, K., Fakultas Ekonomi dan Bisnis, & Universitas Nasional. (n.d.). The influence of product quality, word of mouth and customer satisfaction on purchasing decisions for Texas Collection bags at the Texas Collection Shop in East Jakarta: Pengaruh kualitas produk, word of mouth dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian tas Texas Collection di Toko Texas Collection Jakarta Timur.

Indrasari, M. (2019). Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran. Surabaya: Zifatama Publishing.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (16th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Downloads

Published

2025-07-07