Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kecantikan Wardah di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.61132/jbep.v1i3.341Keywords:
Price, Product Quality, Consumer SatisfactionAbstract
The purpose of this study is to determine the influence of price and product quality on consumer satisfaction of Wardah beauty products in Surabaya. The data collection technique in this study is using the probability sampling method with a simple random sampling technique by taking random samples. The sample in this study used 100 respondents who were users of Wardah beauty products in Surabaya. The result of this study is that price has an influence on consumer satisfaction, as evidenced by the results of a partial research test (T) where the price variable has a sign value. 0.000 < 0,05, and the t-value is 17,482 > 1,984. And product quality has an influence on consumer satisfaction, as evidenced by the results of the Partial (T) research test, where the Product Quality variable has a significant value. 0.000 < 0.05, and the t-value is calculated 17,366 > 1,984. Meanwhile, in the results of the simultaneous research test (F), the price and quality of the product have a sign value. 0.000 < 0.05 and the f-value is calculated 186,267 > 3,089, so it can be concluded in this study that price and product quality simultaneously have a positive effect on consumer satisfaction.
Downloads
References
Ajijah, J. H., & Selvi, E. 2021. Pengaruh kompetensi dan komunikasi terhadap kinerja perangkat desa. Jurnal Manajemen, 13(2), 232-236.
Artameviah, R. 2022. PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Studi pada Konsumen Shopee di Jakarta) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Dai, K. E., Kalangi, J. A., & Rogahang, J. J. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Service PT. Kumala Cemerlang Abadi (Wuling Motors) Malalayang. Productivity, 3(2), 102-106.
Fahriani, N. S., & Febriyanti, I. R. 2022. Analisis Kepuasan Pelanggan di Apotek Bunda Cikembar. OPTIMAL Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(3), 1-11.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Gofur, A., 2019. Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), pp.37-44.
Imron, I. 2019. Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian journal on software engineering (IJSE), 5(1), 19-28.
Juliandi, A., & Manurung, S. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Umsu Press.
Kabbi, R. 2023. Analisis Pengaruh Variasi Produk, Harga Dan Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Sinar Baolang di Desa O’a Mate Kecamatan Alor Barat Laut Kabupaten Alor. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 992-1004.
Learns, M. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Kelengkapan Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT International Hardware Indo Di Kota Batam (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).
Litamahuputty, J. V., & Manilet, S. 2022. PENENTUAN HARGA JUAL SAGU TUMBU PADA HOME INDUSTRY IBU SAPHIA DI NEGERI MORELA MALUKU TENGAH. Journal of Applied Accounting Indonesian Society Of Applied Science (isas), 1(2), 34-46.
Mahendra, K. P. 2019. Pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan CV Mitra Perkasa Utomo. Agora, 7(1).
Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. 2021. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.
Nugroho, U. 2018. Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Purwono, F. H., Ulya, A. U., Purnasari, N., & Juniatmoko, R. 2019. Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). Guepedia.
Rufliansah, F.F. and Seno, A.H.D., 2020. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen (Studi pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), pp.389-401.
Santoso, J. B. 2019. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 127-146.
Simangunsong, R. M., Sihombing, R. U., & Siregar, S. 2022. Pengaruh Persepsi Harga dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Pada Masyarakat Pengguna Aplikasi Shopee di Desa Baribaniaek, Kecamatan Muara. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 2(2), 65-81.
Suriani, N., & Jailani, M. S. 2023. Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24-36.
Wardhana, M. A., Maryatin, M., & Prihantono, J. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Nasabah Elektronik Pada Penggunaan Fitur Bca M-Banking. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 4(1), 16-21.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis, Ekonomi Syariah, dan Pajak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.