Realisasi Pajak Reklame, Potensi Pajak Reklame Dan Efektivitas Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Boyolali

Authors

  • Bella Dwi Saputri Institut Teknologi Bisnis AAS Inodesia
  • Hadi Samanto Institut Teknologi Bisnis AAS Inodesia
  • Sri Laksmi Pradanawati Institut Teknologi Bisnis AAS Inodesia

DOI:

https://doi.org/10.61132/jpaes.v2i3.1326

Keywords:

Billboard Tax Effectiveness, Billboard Tax Potential, Billboard Tax Realization, Regional Original Revenue (PAD)

Abstract

This study aims to analyze the influence of billboard tax realization, potential, and effectiveness on the Regional Original Revenue (PAD) of Boyolali Regency during the 2020–2024 period. The research adopts a quantitative approach using secondary data, with a total of 20 observations. The dependent variable in this study is PAD, while the independent variables include billboard tax realization, potential, and effectiveness. Data analysis was conducted using multiple linear regression. The findings indicate that the realization of billboard tax has a significant impact on PAD, while the effectiveness of billboard tax collection does not show a significant effect. This is evidenced by the t-test significance values, where the realization and potential variables have a significance level of 0.000 (< 0.05), while the effectiveness variable has a significance level of 0.408 (> 0.05). These results suggest that higher levels of tax realization and potential contribute positively to PAD. However, the effectiveness of tax collection alone does not necessarily lead to an increase in PAD, indicating a need for local government evaluation in optimizing tax collection efforts. Keywords: Billboard Tax Realization, Billboard Tax Potential, Billboard Tax Effectiveness, Regional Original Revenue (PAD).

Keywords: Billboard Tax Realization, Billboard Tax Potential, Billboard Tax Effectiveness, Regional Original Revenue (PAD)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ajeng Maloka, P., Abdillah, & Irawan, A. (2024). Pengaruh Efektivitas Pajak Reklame terhadap Penerimaan Pajak Daerah di Kota Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 8(No. 1), 359–369.

Aplikasi, P., Layanan, P., Sistem, B., Peneriman, I., Bukan, N., Online, P., Lingkungan, D. I., & Keuangan, K. (2021). Jurnal Widya. 4(April), 226–239.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Damayanti, I., Valianti, R. M., & Mursalin, M. (2021). Analisis Potensi dan Kontribusi Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 18(3), 357. https://doi.org/10.31851/jmwe.v18i3.6656

Hikam, M., Pramukty, R., & Yulaeli, T. (2023). PENGARUH PENERIMAAN PAJAK REKLAME DAN PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BEKASI. Journal of Comprehensive Science, 2.

Maryani. (2023). Analisis efektivitas & kontribusi pajak reklame untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (pad) kota batu (studi kasus pada kantor badan keuangan daerah kota batu). JURNAL AGREGAT.

Natalia, I., & Kusumaningtyas, K. (2023). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Dan. Jurnal Akuntansi, 17(2), 120–126. https://doi.org/10.37058/jak.v17i2.6745

Peraturan Pemerintahan RI Nomor 10 Tahun 2021. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2O2I Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Dalam Rangka Mendukung Kemudahan Berusaha Dan Layanan Daerah. 069202, 25. file:///C:/Users/acer/Favorites/Downloads/PP Nomor 10 Tahun 2021.pdf

Pokhrel, S. (2024). Analisis Kontribusi, Efektivitas, dan Potensi Penerimaan Pajak Reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Banjarmasin. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 15(1), 37–48.

Prasetyaningtyas, V. A., & Ratnawati, D. (2022). Pengaruh Pajak Restoran, Pajak Hotel Dan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten/Kota Di Surabaya, Sidoarjo, Malang Dan Batu Tahun 2011-2020. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 42–57. https://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/2008

Ratna Sari, S. A. M., & I Putu Gede Diatmika. (2022). Analisis Efektivitas dan Efisiensi Pajak Reklame serta Kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Buleleng Tahun 2019-2021. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 11(01), 42–51. https://doi.org/10.23887/vjra.v11i01.50325

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ajeng Maloka, P., Abdillah, & Irawan, A. (2024). Pengaruh Efektivitas Pajak Reklame terhadap Penerimaan Pajak Daerah di Kota Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 8(No. 1), 359–369.

Aplikasi, P., Layanan, P., Sistem, B., Peneriman, I., Bukan, N., Online, P., Lingkungan, D. I., & Keuangan, K. (2021). Jurnal Widya. 4(April), 226–239.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Damayanti, I., Valianti, R. M., & Mursalin, M. (2021). Analisis Potensi dan Kontribusi Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 18(3), 357. https://doi.org/10.31851/jmwe.v18i3.6656

Hikam, M., Pramukty, R., & Yulaeli, T. (2023). PENGARUH PENERIMAAN PAJAK REKLAME DAN PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BEKASI. Journal of Comprehensive Science, 2.

Maryani. (2023). Analisis efektivitas & kontribusi pajak reklame untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (pad) kota batu (studi kasus pada kantor badan keuangan daerah kota batu). JURNAL AGREGAT.

Natalia, I., & Kusumaningtyas, K. (2023). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Dan. Jurnal Akuntansi, 17(2), 120–126. https://doi.org/10.37058/jak.v17i2.6745

Peraturan Pemerintahan RI Nomor 10 Tahun 2021. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2O2I Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Dalam Rangka Mendukung Kemudahan Berusaha Dan Layanan Daerah. 069202, 25. file:///C:/Users/acer/Favorites/Downloads/PP Nomor 10 Tahun 2021.pdf

Pokhrel, S. (2024). Analisis Kontribusi, Efektivitas, dan Potensi Penerimaan Pajak Reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Banjarmasin. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 15(1), 37–48.

Prasetyaningtyas, V. A., & Ratnawati, D. (2022). Pengaruh Pajak Restoran, Pajak Hotel Dan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten/Kota Di Surabaya, Sidoarjo, Malang Dan Batu Tahun 2011-2020. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 42–57. https://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/2008

Ratna Sari, S. A. M., & I Putu Gede Diatmika. (2022). Analisis Efektivitas dan Efisiensi Pajak Reklame serta Kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Buleleng Tahun 2019-2021. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 11(01), 42–51. https://doi.org/10.23887/vjra.v11i01.50325

Sari, W. P., & Nurjanah, R. (2024). Analisis kontribusi dan efektivitas pajak reklame di Kota Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 19(1), 195–206.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (Ed.), ALFABETA: BANDUNG. ALFABETA.

Tulungen, Y. S., Warongan, J. D. L., & Mintalangi, S. S. E. (2024). Evaluasi realisasi pencapaian target pajak daerah untuk penerimaan pajak daerah tahun 2020-2023 pada Badan Pendapatan Daerah Kota Manado. Riset Akuntansi Dan Portofolio Investasi, 2(2), 258–272. https://doi.org/10.58784/rapi.185

Waluyo. (2020). Akuntansi Pajak Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Bella Dwi Saputri, Hadi Samanto, & Sri Laksmi Pradanawati. (2025). Realisasi Pajak Reklame, Potensi Pajak Reklame Dan Efektivitas Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Boyolali. Jurnal Pajak Dan Analisis Ekonomi Syariah, 2(3), 246–260. https://doi.org/10.61132/jpaes.v2i3.1326

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.